Skip to main content.
Related sites:
More related sites: Safety Always First: be careful, be aware, be safe, be home..
Navigation: Main Page | About Us | Disclaimer | Archive | Global Information| Domestic Corner| Contact Us Please

Who   We   Are,   What   We   Do   And
                           
The world   greets  the    country
                           

Setelah SIA menghentikan penerbangan nonstop terjauhnya dari Singapore, Changi ke Newark, Liberty pada 23 November 2013 yang lalu, sejak 12/10/2018 maskapai ini kembali menerbangi rute tersebut dengan mempergunakan jenis pesawat berbeda yaitu A350-900URL. Jarak yang diterbangi sejauh 9.000Nmyang ditempuh dalam waktu 17 jam 25 menit✈ Sejak Senin 29 September 2014, maskapai dari Australia, Qantas dengan pesawat jenis A380-800 bernomor QF7 telah menerbangi rute nonstop terjauhnya di dunia dari Sydney, Kingsford Smith ke Dallas, Fort Worth sejauh 13.804km dengan lama penerbangan 15 jam (14 jam 50 menit). tahun kemudian maskapai Emirates Airlines telah mengungguli dengan penerbangan langsung dari Dubai (DBX) UAE ke Auckland (AKL) New Zealand sejauh 14.200km dalam waktu 17 jam 15 menit dengan pesawat B777-200ER dan A380-800✈ Di tahun 2019 pada 18/10/2019 QF7879 telah berhasil melakukan penerrbangan riset di proyek matahari terbit, dengan menerbangi New York JFK ke Sydney SYD yang berjarak 16.032 non stop selama 19 jam 16 menit. Penerbangan ini merupakan penerbangan terjauh non stop Qantas dan terjauh di dunia.✈ Air New Zealand telah mengakhiri penerbangan pesawat B747-400 terakhir miliknya pada 12 September 2014. B744 dipergunakan sejak 1981 oleh Air NZ, dan pesawat yang akan melakukan penerbangan terakhir ini berumur 16 tahun dan akan menerbangi rute terakhirnya dari San Francisco ke Auckland, inilah sebagian kutipannya: The last Boeing 747 in the Air NZ fleet makes its final flight for the airline this week. Dreamliner akan menggantikan the Queen of the Skies tersebut. Alasan utama penggantian adalah efisiensi. B747-400 mengonsumsi bahan bakar 10 ton per jam operasi.☆
"Fly Me To The Moon" sung by Westlife

Kami Terus Berbagi Untuk Anda

Dengan bermodalkan pengalaman di penerbangan sipil yang kami tekuni sejak 1974 sampai sekarang (2020), dan juga pada saat kami melaksanakan penugasan mewakili Indonesia di kantor pusat ICAO di Ville de Montreál, di samping melaksanakan penugasan sebagai Atase Perhubungan RI untuk Kanada, berkedudukan di KBRI Ottawa, kami akan terus menyumbangkannya melalui pencerahan yang berkelanjutan ini. Pada tahun 2006, Badan SAR Nasional (Basarnas) menunjuk kami secara ad hoc untuk mewakili dalam mengikuti berbagai kegiatan International Cospas-Sarsat Programme yaitu sebuah system program satellite search and rescue (SAR) untuk pendistribusian deteksi (penemuan) dan informasi keadaan tanda/sinyal darurat di seluruh dunia. International Cospas-Sarsat Programme yang awalnya berkantor pusat di London telah pindah ke Montreál. HQ's IATA, Cospas-Sarsat dan ICAO hanya berjarak beberapa blok jauhnya.

Pada periode tersebut di atas, penugasan untuk mewakili Indonesia di ICAO awalnya dilaksanakan oleh kami, Aries Martono, bersama seorang tenaga staf, Agus Hermansyah, lulusan Master dari Ottawa U (University of Ottawa).


Melalui slogan portal ini, Dunia Menyapa Negeri kami akan terus berbagi untuk bangsa dalam upaya turut meningkatkan keselamatan penerbangan di Indonesia, sesuai dengan VISI dan MISI kami. Di ICAO (International Civil Aviation Organization) yang berkantor pusat di Montreal, tugas utama kami adalah mewakili Indonesia di bidang penerbangan sipil.

Dalam menjalankan tugas tersebut di atas kami awalnya adalah pejabat dari Departemen Perhubungan (sekarang Kementerian Perhubungan) d.h.i. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DGCA), yang kemudian dialihtugaskan untuk mengemban penugasan, yang baik secara administratif maupun teknis operasional berada di bawah kepemimpinan dan struktur organisasi Departemen Luar Negeri (Kementerian Luar Negeri). Selanjutnya, Departemen Luar Negeri melalui Duta Besar Indonesia untuk Kanada menerbitkan surat penunjukan kami sebagai Perwakilan Republik Indonesia di ICAO kepada Sekretaris Jenderal ICAO. Atas dasar surat tersebut kemudian Sekretaris Jenderal ICAO atas nama International Civil Aviation Organization menerbitkan sebuah surat maklumat tertanggal 4 Juni 2004 bernomor S2/3.1; E 1/1.81 dan A 11/2.9, yang menyatakan perihal penugasan kami sebagai Perwakilan Republik Indonesia di ICAO, efektif dimulai pada tanggal 1 Mei 2004. Surat tersebut kemudian didistribusikan kepada seluruh Anggota Dewan dan Perwakilan Negara Anggota.

Di dalam pengisian materi, portal ini akan senantiasa berpedoman kepada isi amanah Undang Undang Penerbangan. Perwakilan RI di ICAO, terpanggil untuk senantiasa mewakili kepentingan Indonesia di bidang perhubungan khususnya penerbangan sipil dalam forum internasional. Kami berupaya melaksanakan peran aktif dan memberikan sumbangsih yang lebih nyata dengan menjalin jaringan (networking) antara ICAO sebagai organisasi sentral penerbangan sipil dan Organisasi Internasional lain yang terkait di bidang penerbangan sipil dengan Departemen Perhubungan, DGCA (Directorate General Of Civil Aviation), serta komunitas penerbangan di Indonesia.

Kepercayaan Anda untuk mengunjungi portal ini secara berkala, apapun alasannya, siapapun Anda, bagi kami sudah merupakan sumbangan yang sangat berharga. Peningkatan jumlah bagi kami adalah sebuah profit, dan akan memiliki arti bertambahnya jumlah (individu) masyarakat Indonesia peduli keselamatan.

"Terimakasih bangsaku yang telah turut berpartisipasi melalui portal ini. Perkenankanlah bersama kami, dengan semangat saling bahu-membahu kita lakukan berbagai upaya peningkatan di keselamatan penerbangan sipil, untuk mencapai kesetaraan posisi, berdiri sama tinggi, duduk sama rendah dan bersanding sejajar bersama masyarakat dunia yang telah menikmati keselamatan penerbangan terbaiknya."

Komentar dan pendapat Anda yang bersifat profesional, ilmiah dan konstruktif sangat kami hargai dan akan segera ditanggapi. Isi email yang bersifat sara, provokasi, intimidasi, politik, ideologi dan sejenisnya yang tidak sesuai dengan VISI dan MISI kami, dengan diawali ucapan maaf, tidak dapat dilayani. Dengan identitas lengkap, hubungilah kami melalui salah satu dari alamat email ini.

Kami akan menanggapi secara umum, apapun bentuk masukan Anda dan memasukkannya sebagai sisipan (amendment) kedalam tulisan yang akan disajikan pada artikel dan informasi yang sudah ada untuk diperbaharui atau akan dimasukkan kedalam judul baru. Demi kesempurnaan isi materi tulisan ini, kami akan senantiasa melakukan perbaikan dan peningkatan dalam semua isi portal ini.

Sejak awal, pembuatan portal kami sepenuhnya berdasarkan desain web browser grafis Internet Explorer (IE). Namun, harus diakui bahwa sesuai dengan data statistik dari alat penjejak kami, sebagaian besar (80%) pengunjung kami mempergunakan web browser grafis Google Chrome, sehingga akan memperoleh penampilan yang tidak fit. Bila menggunakan PC atau note book, laptop sebaiknya di zoom pada posisi 120%. Disarankan kepada setiap pengunjung apabila menggunakan browser bukan IE, pada saat membukanya, untuk selalu mengaturnya dengan meng"klik" zoom 120%. dan kemudian klik "refresh", terimakasih.

All of You Are Welcome. Kepada pengunjung kami di manapun berada, dengan senang hati kami akan memberikan berbagai konsultasi dalam bentuk bantuan teknis bagi Anda baik secara bertemu langsung maupun via email kepada perorangan, kelompok atau tim nara sumber dalam berbagai masalah keselamatan penerbangan. Bila dibutuhkan, kami akan menyiapkan pula ad hoc team pilihan terbaik.

Back to Domestic Corner or Go Home 🏠